Elemen-elemen yang membentuk Komposisi

^_^   .....  ^_^

Sekilas yang lalu kita sudah membahas apa itu “Komposisi” dan “gado-gadonya” komposisi itu seperti apa. Saya pertegas kembali, “komposisi” disini bukanlah campuran/ adukan dari bahan-bahan makanan dan sejenisnya yahhh, melainkan sebuah sentuhan halus, atraktif, kreatif dari salah satu dunia fotografi.

Ternyata dari komposisi itu ada beberapa kategori yang menjadikan komposisi tersebut menjadi sempurna. Apakah itu…??? Yuppp.. tentu saja ada kroni-kroni komposisi yang kita sebut sebagai “unsure”. Unsur disini adalah penekanan bagaimana komposisi gambar dapat terimplementasikan sesuai dengan penafsiran cara pandang atau visualisasi gambar dari pembidik dan penikmat fotografi. Jadi pelengkap dari tatanan komposisi dapat tercerna dengan adanya unsur-unsur yang membentuk komposisi itu sendiri.


Seperti apa unsure-unsur tersebut….??? Ini diaaaa… silahkan simak, nikmati dan pahami moga bisa menjadi tuntunan untuk mengenal sisi fotografi .. Check this out…. 

  • Bentuk
Shape : Salah satu formula paling sederhana yang dapat membuat sebuah foto menarik perhatian adalah dengan memberi prioritas pada sebuah elemen visual. Shape adalah salah satunya. Kita umumnya menganggap shape sebagai outline yang tercipta karena sebuah shape terbentuk, pada intinya, subjek foto, gambar dianggap memiliki kekuatan visual dan kualitas abstrak. Untuk membuat shape menonjol, kita harus mampu memisahkan shape tersebut dari lingkungan sekitarnya atau dari latar belakang yang terlalu ramai. Untuk membuat kontras kuat antara shape dan sekitarnya yang membentuk shape tersebut. Kontras ini dapat terjadi sebagai akibat dari perbedaan gelap terang atau perbedaan warna.

Form : Ketika shape sendiri dapat mengindentifikasikan objek, masih diperlukan form untuk memberi kesan padat dan tiga dimensi. Hal ini merupakan faktor penting untuk menciptakan kesan kedalaman dan realitas. Kualitas ini tercipta dari bentukan cahaya dan tone yang kemudian membentuk garis-garis dari sebuah objek. Faktor penting yang menentukan bagaimana form terbentuk adalah arah dan kualitas cahaya yang mengenai objek tersebut.

 
Shape and form

  •  Garis : Fotografer yang baik kerap menggunakan garis pada karya-karya mereka untuk membawa perhatian pengamat pada subjek utama. Garis juga dapat menimbulkan kesan kedalaman dan memperlihatkan gerak pada gambar. Ketika garis-garis itu sendiri digunakan sebagai subjek, yang terjadi adalah gambar-gambar menjadi menarik perhatian. Tidak penting apakah garis itu lurus, melingkar atau melengkung, membawa mata keluar dari gambar. Yang penting garis-garis itu menjadi dinamis.

Garis (Gedung Telkomsel, Kuningan)
  •  Patterns (Pola) : berupa pengulangan shape, garis dan warna adalah elemen visual lainnya yang dapat menjadi unsur penarik perhatian utama. Keberadaan pengulangan itu menimbulkan kesan ritmik dan harmoni dalam gambar. Tapi, terlalu banyak keseragaman akan mengakibatkan gambar menjadi membosankan. Rahasia penggunaan pattern adalah menemukan variasi yang mampu menangkap perhatian pemerhati.


susunan pola lantai

  • Tekstur : Sebuah foto dengan gambar teksur yang menonjol dapat merupakan sebuah bentuk kreatif dari shape atau pattern. Jika memadai, tekstur akan memberikan realisme pada foto, membawa kedalaman dan kesan tiga dimensi ke subyek anda.
    Tekstur dapat terlihat jelas pada dua sisi yang berbeda. Ada tekstur yang dapat ditemukan bila kita mendekatkan diri pada subyek untuk memperbesar apa yang kita lihat, misalnya bila kita ingin memotret tekstur permukaan sehelai daun. Ada pula saat dimana kita harus mundur karena subyek yang kita tuju adalah pemandangan yang sangat luas. Tekstur juga muncul ketika cahaya menerpa sebuah permukaan dengan sudut rendah, membentuk bayangan yang sama dalam area tertentu.
    Memotret tekstur dianggap berhasil bila pemotret dapat mengkomunikasikan sedemikian rupa sehingga pengamat foto seolah dapat merasakan permukaan tersebut bila menyentuhnya. Sama seperti pattern, tekstur paling baik ditampilkan dengan beberapa variasi dan nampak melebar hingga keluar batas gambar.

Tekstur, Awan Berawan

  •  Kontras merupakan perbedaan yang sangat besar dari satu nada (bentuk dan warna) dengan yang lain. Foto yang terdiri dari hitam pekat dan putih murni saja adalah foto yang sangat kontras. Foto yang terdiri dari perbedaan nada-nada mencolok dikatakan kontras (hard), sedangkan sebaliknya foto yang menyajikan nada-nada berdampingan dikatakan lunak (soft).

Kontras dari sudut warna

WAWA.JUTAWAN (belajar fotografi)

0 Responses