Bermain Komposisi

Menurut kamus bahasa, komposisi (composition) berarti sebuah proses penggabungan beberapa elemen menjadi satu kesatuan yang utuh. Dalam fotografi komposisi merupakan sebuah proses yang sangat vital karena dari komposisi itulah sebuah foto bisa becerita, dari komposisi pula sebuah foto terlihat indah dan enak dipandang untuk dinikmati. Berbeda dengan seni lukis yang memulai komposisi dari bidang kosong, kemudian menambahkan elemen-elemen yang dirasa perlu agar pesan lukisannya bisa sampai ketika dilihat orang lain. Komposisi dalam fotografi dimulai dari bidang yang penuh, kemudian satu-persatu elemen yang tidak perlu disingkirkan untuk mencapai tujuan yang sama.

Komposisi sangat berkaitan dengan estetika, untuk itu tidak ada peraturan yang mengikatnya, kalaupun ada hanyalah sebatas panduan yang boleh diikuti dan boleh juga tidak dikuti. Untuk itu ada istilah following the rule dan breaking the rule. Tetapi bagaimanapun panduan-panduan dalam menentukan komposisi ini sudah melalui proses studi yang cukup panjang sehingga sangat sesuai dengan indera penglihatan manusia dalam menikmati karya visual ini. Untuk itu tidak ada salahnya panduan ini dipelajari dan dikuasai betul, setelah itu baru putuskan apakah akan mengikutinya atau tidak karena esensi dunia seni sangat tidak terbatas. Sebagai bahan masukan juga, setiap lomba foto formal selalu mendasarkan salah satu penilaiannya pada panduan komposisi ini.

Daaaaannnnnnnnnn.. Yang terpenting,
dalam fotografi, komposisi mempunyai peranan penting untuk menampilkan atau menyampaikan pesan yang ingin disampaikan melalui foto. Secara sederhana, komposisi adalah tatanan atau susunan elemen-elemen pada suatu foto. Elemen-elemen tersebut dapat berupa garis, bentuk, tekstur, warna dan gelap-terang.

Berikut tatanan komposisi yang kerap diaplikasikan dalam dunia fotografi.... Yukk Mariiii... ^_6
1. Komposisi 4 titik, Lebah berguming sari putik

2. Komposisi 1/3, 2/3

3. Komposisi Diagonal
4. Komposisi Frame
Frame
5. Komposisi "S"
"S"
6. Komposisi Segitiga
Eiiiittttttttttttttttt..... Ketinggalannn ada 1 contoh foto lagi tentang komposisi Diagonal.. Niee Dieee...:


Kompisisi Diagonal

Itulahhhh kumpulan dari gado-gadonya komposisi yang kerap digunakan oleh si pemotret......
Di tahap selanjutnya saya ayeee akan menjabarkan dikit tentang komponen atau unsur-unsur yang membentuk komposisi itu sendiri... To be continue yahhhh.... ^_^


0 Responses